CETAK
GABUNG ( MAIL MERGE )
Fasilitas ini dapat digunakan untuk
menangani masalah surat menyurat yang dikirim banyak orang dengan mudah dan
cepat. Fasillitas ini sering digunakan dalam kegiatan administrative, contahnya
surat undangan, surat tagihan, dan lain-lain, dimana surat tersebut akan
dikirim lebih dari satu orang. Untuk menggunakan fasilitas mail marge harus
memiliki 2 dokumen yaitu dokumen utama ( main dokumen ) dan sumber data ( data
source ). Dokumen utama berisi teks atau hal lain yang tidak berubah dari surat
satu kesurat lain. Sedangkan sumber data berisi informasi berubah-rubah dari
surat satu dengnan surat yang lain.
A.Membuat
Master Dokumen ( dokumen utama )
Dokkumen utama dapat dibuat dulu. Dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
Membuat naskah dari office button → new
Contoh naskah surat undangan :
B.
Membuat Sumber Data
Setelah dokumen utama selesai dibuat,
langkah berikutnya membuat sumber data. Sumber data ini bisa dibuat terlebih
dahulu pada lembar kerja Microsoft word tetapi tidak dalam satu lembar kerja
dengan dokumen utama. Lalu simpan denngan nama file data undangan. Atau bisa
juga membuat sumber data ( data source ) yang dilakukan sewaktu proses mailing,
langkah-langkahnya sebagai berikut :
·
Select recipients, pilih Type a new
list,
kemudian klik next, kemudian akan muncul kotak dialog new address list,
·
Pilih dan klik tab customize
columns/customs address list yang digunakan untuk mengubah data yang
akan kita masukan atau membuat field baru, contohnya nama, alamat dan kota. Setelah selesai mengubah data klik OK
·
Sehingga kalau sudah memilih customize
columns, akan muncul kotak customs address list, kita bisa menambah field
dengan pilih add atau mengganti field
dengan rename, sehingga tampilannya sebagai berikut :
·
Dan pada tampilan diatas fieldnya
terdiri dari title sampai e-mail address. Hapus semua field yang tidak
dibutuhkan dengan cara pilih field yang tidak dibutuhkan lalu klik delete dan
lakukan input data dengan memilih add, sehingga tampilanya sebagai berikut :
·
Akhiri dengan klik tab OK, sehingga akan
muncul New Address List, kemudian lakukan input data seperti tampilan
dibawah dan untuk menambah record klik New Entry. Setelah selesai akhiri dengan klik OK.
·
Lanjutkan dengan mengisi data pada nama, alamat dan kota yang sudah
tampil pada New Address List. Dengan data
sebagai berikut :
|
Nama
|
Alamat
|
Kota
|
|
Andini Utami
|
Jl.Kijagapati No. 5
|
Banjarnegara
|
|
Putra Mahardika
|
Jl. Jend. Sudirman No. 12
|
Banjarnegara
|
|
Trie Ananda Putri
|
Jl. Letjend Soeprapto No. 22
|
Banjarnegara
|
|
Sulistyo Nugroho
|
Jl. Gatot Subroto No. 30
|
Banjarnegara
|
|
Indah Permata sari
|
Jl. S. Parman No. 30
|
Banjarnegara
|
Kemudian akhiri pengisian data dengan klik OK
·
Setelah mengklik OK, maka otomatis
pengisian data akan diakhiri dengan muncul
kotak dialog Save Address List,
kemudian beri nama untuk menyimpan data tersebut dengan nama Data undangan, akhiri dengan OK.
·
Untuk
mengetik data, lakukan denngan memillih edit recipient list, sehingga
tampilanya sebagai berikut :
Keterangan :
Create Data Source : membuat sumber data baru
Open Data Source : mengaktifkan sumber data
yang telah dibuat
Use Anddreass Book : mengaktifkan file pada buku
alamat
Add File Name : menampilkan nama file
dalam bentuk table
Keterangan :
Field Names In Header
Row : menampilkan nama-nama field yang
umum digunakan
Remove Field Name : menghapus nama field pada field
names in header rows
Field Name : membuat nama
field yang diinginkan
Add
Fiel Names : field name yang telah dibuat dimasukan pada
field Names In Header Row
Klik Edit Data Source
Isikan Data Form
Seperti Gambar Berikut
Add New :
menambah/mengisi data baru
Delete :
menghapus record yang diinginkan
Find :
mencari data tertentu pada field yang ada
View Source : menampilkan data
dalam bentuk table
Restore :
membatalkan penyuntingan ke keadaan semula
Selesai memasukkan
input datanya klik OK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar