Kamis, 18 Juni 2015

SEKILAS TENTANG MAIL MARGE



CETAK GABUNG ( MAIL MERGE )
Fasilitas ini dapat digunakan untuk menangani masalah surat menyurat yang dikirim banyak orang dengan mudah dan cepat. Fasillitas ini sering digunakan dalam kegiatan administrative, contahnya surat undangan, surat tagihan, dan lain-lain, dimana surat tersebut akan dikirim lebih dari satu orang. Untuk menggunakan fasilitas mail marge harus memiliki 2 dokumen yaitu dokumen utama ( main dokumen ) dan sumber data ( data source ). Dokumen utama berisi teks atau hal lain yang tidak berubah dari surat satu kesurat lain. Sedangkan sumber data berisi informasi berubah-rubah dari surat satu dengnan surat yang lain.
A.Membuat Master Dokumen ( dokumen utama )
Dokkumen utama dapat dibuat dulu. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Membuat naskah dari office button → new
Contoh naskah surat undangan :
B. Membuat Sumber Data
Setelah dokumen utama selesai dibuat, langkah berikutnya membuat sumber data. Sumber data ini bisa dibuat terlebih dahulu pada lembar kerja Microsoft word tetapi tidak dalam satu lembar kerja dengan dokumen utama. Lalu simpan denngan nama file data undangan. Atau bisa juga membuat sumber data ( data source ) yang dilakukan sewaktu proses mailing, langkah-langkahnya sebagai berikut :
·         Select recipients, pilih Type a new list, kemudian klik next, kemudian akan muncul kotak dialog new address list,
·         Pilih dan klik tab customize columns/customs address list yang digunakan untuk mengubah data yang akan kita masukan atau membuat field baru, contohnya nama, alamat dan kota. Setelah selesai mengubah data klik OK
·         Sehingga kalau sudah memilih customize columns, akan muncul kotak customs address list, kita bisa menambah field dengan pilih add atau mengganti  field dengan rename, sehingga tampilannya sebagai berikut :
·         Dan pada tampilan diatas fieldnya terdiri dari title sampai e-mail address. Hapus semua field yang tidak dibutuhkan dengan cara pilih field yang tidak dibutuhkan lalu klik delete dan lakukan input data dengan memilih add, sehingga tampilanya sebagai berikut :
·         Akhiri dengan klik tab OK, sehingga akan muncul New Address List, kemudian lakukan input data seperti tampilan dibawah dan untuk menambah record klik New Entry. Setelah selesai  akhiri dengan klik OK.
·         Lanjutkan dengan mengisi data pada nama, alamat dan kota yang sudah tampil pada New Address List. Dengan data sebagai berikut :

Nama
Alamat
Kota
Andini Utami
Jl.Kijagapati No. 5
Banjarnegara
Putra Mahardika
Jl. Jend. Sudirman No. 12
Banjarnegara
Trie Ananda Putri
Jl. Letjend Soeprapto No. 22
Banjarnegara
Sulistyo Nugroho
Jl. Gatot Subroto No. 30
Banjarnegara
Indah Permata sari
Jl. S. Parman No. 30
Banjarnegara
Kemudian akhiri pengisian data dengan klik OK
·         Setelah mengklik OK, maka otomatis pengisian data akan diakhiri dengan muncul kotak dialog Save Address List, kemudian beri nama untuk menyimpan data tersebut dengan nama Data undangan, akhiri dengan OK.
·         Untuk mengetik data, lakukan denngan memillih edit recipient list, sehingga tampilanya sebagai berikut :
Keterangan :
Create Data Source                : membuat sumber data baru
Open Data Source                  : mengaktifkan sumber data yang telah dibuat
Use Anddreass Book             : mengaktifkan file pada buku alamat
Add File Name                      : menampilkan nama file dalam bentuk table
Keterangan :
Field Names In Header Row : menampilkan nama-nama field yang umum digunakan
Remove Field Name              : menghapus nama field pada field names in header rows
Field Name                             : membuat nama field yang diinginkan
Add Fiel Names                     : field name yang telah dibuat dimasukan pada field Names In Header Row
Klik Edit Data Source
Isikan Data Form Seperti Gambar Berikut
Add New                                 : menambah/mengisi data baru
Delete                                       : menghapus record yang diinginkan
Find                                          : mencari data tertentu pada field yang ada
View Source                             : menampilkan data dalam bentuk table
Restore                                     : membatalkan penyuntingan ke keadaan semula
Selesai memasukkan input datanya klik OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar